Paragliding in Danyang Korea

May 08, 2022

 


Paragliding Experience!


Sejak tahun 2020 saya menuliskan 'paragliding experience' menjadi salah satu resolution list atau mimpi yang mau diwujudkan di tahun itu. Akhir 2020 hingga awal 2021 sudah empat kali memesan paragliding di kota Yeosu, namun selalu gagal, entah karena cuaca ataupun angin.


Kupun menuliskan kembali mimpi untuk paragliding di tahun 2022, namun kali ini mari coba di tempat lain yaitu Danyang. Selain menuliskannya di agenda, saya juga menjadikan foto paragliding Danyang sebagai background foto di laptop. Dan, akhirnya pada Mei 2022 mimpi saya tercapai!


My Laptop's Background: Danyang Paragliding



Choose Place and Tour Service to Paragliding Experience


Ada beberapa lokasi paragliding di Korea Selatan, seperti Yeosu, Danyang, Yangpyeong, Cheongdo, dll. Saya membandingkan lokasi serta view saat naik paragliding dan tertarik pada Yeosu maupun Danyang. Kalau Yeosu sendiri alasannya karena viewnya akan dimulai dari pegunungan kemudian pantai. Namun sayangnya alasan cuaca sering menggagalkan rencana ini.


Pilihan kedua saya jatuh kepada kota Danyang. Kota ini memang terkenal dengan lokasi paragliding karena memiliki pegunungan, pemandangan kota bersamaan dengan Han River yang membelah kota Danyang. Selain view, probabilitas untuk bisa naik paragliding besar. Di kota inipun terdapat banyak pilihan tur service.


Saya dan teman-teman memilih tur Dream Para. Setelah membandingkan harga, waktu, video, service yang ditawarkan serta review dari costumer, kami yakin dengan tur ini dan tidak kecewa. Apalagi lokasi kantor yang strategis, mudah untuk dijangkau terutama bagi teman-teman yang datang dengan transportasi umum.



Danyang Paragliding with Dream Para

Chungcheongbuk-do Danyang-gun Dangyang-eup Subyeon-ro 59-1 충북 단양군 단양읍 수변로 59-1




Cost and Service


Untuk Paragliding persiapannya hanya memesan tur service. Saya sangat menyarankan untuk memesan via aplikasi seperti Coupang atau yang lain. Setelah melakukan pembelian, silakan hubungi turnya untuk memesan tanggal dan waktu terbang.


Pengalaman saya, memesan tanggal 5 Mei 2022 pk11.00, namun ternyata sudah full dan hanya bisa pesan di pk15.00. Oke, saya dan teman-teman deal di hari tersebut pk15.00, yang dipesan 1 minggu sebelumnya. Kalau misalnya cuaca tidak bersahabat dan harus cancel, kita akan mendapat 100% refund. Namun bila kita yang cancel bukan karena cuaca, maka refund tidak bisa 100%. Silakan cek di term and condition. Apabila ingin dijemput silakan memberitahukan pada saat pemesanan.



Biaya Paragliding Danyang


Harga Paragliding Standard: 100,000 won (beli di Coupang 84,000). Terbang 8 menit.

Tambahan video + 20,000 won, bila ingin upgrade ke extreme + 20,000won.

Service: gratis penjemputan dari terminal Danyang atau Stasiun Danyang

**Paragliding ini semuanya tandem alias terbang berdua dengan ranger.


Saya pribadi hanya paragliding standar 84,000 won. Tambah video 20,000won. Total 104,000won.


Paragliding Ticket on Coupang


The Day: Paragliding Day


Lokasi kantor Dream Para berada di dekat Danyang Traditional Market dan bisa ditempuh jalan kaki. Setelah sampai di lokasi, kita akan menyelesaikan administrasi yaitu pendaftaran ulang diri dengan menulis nama, nomor telepon, dan tanda tangan. Ini dibutuhkan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat terbang. Misalnya seperti mbak Yoon Seri yang akhirnya mendarat di Korea Utara. Duh maaf kebanyakan nonton drama.


Kita juga akan disuguhkan video terbang standar dan ekstrem, siapatahu bila ingin upgrade ke paragliding ekstrem. Fyi, ekstrem di sini maksudnya akan banyak swing dan putaran saat terbang. Saya pribadi tetap stay di standar, hanya tambah video. Kemudian kita akan diberi waktu untuk mengenakan pakaian parasut one piece, helmet, dan sarung tangan yang disiapkan oleh tur. Mereka juga menyiapkan sepatu, siapatahu ada costumer yang mengenakan sendal.


Mari menuju tempat penerbangan! Siapkan mentalmu saat naik mobil jip, karena perjalanan melewati jalur berkelok dengan kecepatan lumayan hampir tidak di-rem. Saya dan teman-teman beberapa kali berteriak karena kaget. Setelah sampai di atas, para ranger akan membantu kita mengabadikan foto diri dan grup. Jika kamu punya request untuk foto silakan sampaikan! Template foto yang dibantu oleh ranger adalah foto bersama (dalam grup), sendiri-sendiri, dan foto loncat.


The Clothes

My friends and I (photo by ranger)

Before Fly! (photo by friend)


Sebelum terbang, kita akan menggunakan perlengkapan serta diberikan info serta aba-aba. Setelah ranger berhitung, kita harus siap berlari dan kemudian kaki akan melayang. Yes, saat inilah kita memulai terbang dengan paragliding. Nikmati view dan sampaikan pengalamanmu dalam video.


Waktu yang dibutuhkan untuk persiapan, terbang, hingga finishing sekitar 2 jam. Kami masuk ke office pada pk15.00 dan keluar dari office pk17.00. Terbang sekitar 8 menit. Mungkin agak sedikit lama karena kami berlima dibagi ke dalam 2 kloter, yaitu 3 orang pertama terbang dahulu, selisih 20 menit kemudian 2 orang terbang berikutnya. Setelah sampai di office, kita perlu mengembalikan pakaian, transfer video dan mencetak foto.


Ready?


Go go go!


Impression


Rasanya WOW!! Senang sekali, bisa terbang dan melihat view Danyang: pegunungan, sungai, serta kota. Mungkin kalau kamu datang saat musim gugur akan terlihat lebih menarik dengan warnanya yang merah. 


Dari penerbangan hingga pendaratan, serta service yang ditawarkan dari tur service ini oke punya. Kami juga mendapat foto print 1 buah perorang. Oh ya, pada saat penerbangan ada satu kali dimana ranger menawarkan mencoba swing. Tiga kali swing rupanya saya merasa agak pusing, jadi menyampaikan kepada ranger tidak perlu swing lagi. Kalau teman-teman yang lain ternyata tidak masalah sehingga mereka beberapa kali mereka mencoba swing. 


Saat kami naik, ada beberapa adik kecil usia 7 tahun ke atas yang berani terbang. Salut kepada mereka! Tanya saya kepada salah satu adik tersebut,  "Bagaimana tidak takut tadi?" Dan jawabannya tidak apa-apa.

So, kalau kamu juga mau coba, kenapa tidak?


Our Memories


Pengalaman yang berkesan! Akhirnya salah satu mimpi tercapai! Terima kasih teman-teman Chuncheon dan Daejon yang mau terbang bersama di Danyang Paragliding ini.

Cuaca hangat, pemandangan oke, hingga tur service yang memuaskan. Buat kamu yang penasaran, boleh banget coba terbang di kota Danyang ini. Rekomen!




Danyang, 5 May 2022

#paragliding #dreampara #danyang



No comments:

Powered by Blogger.