How do I get a Korean Driving License?

December 05, 2021


Belajar menyetir mobil di Korea Selatan dari nol hingga mendapat SIM? Bisa, saya buktinya!


Keinginan untuk bisa menyetir mobil sudah lama ada, namun baru terjadi sekarang. Saya melihat kesempatan dan waktu untuk belajar menyetir selama tinggal di Cheonan, Korea Selatan. Ditambah lokasi tempat kursus dekat dengan rumah, jadi sayapun memberanikan diri untuk mendaftar.


Langsung ke lokasi dan berkonsultasi dengan staf mengenai tahap kelas dan harga yang harus dibayar. Jujur untuk belajar mengemudi di Korea terbilang mahal ketimbang di Indonesia. Harga paket belajar mengemudi di Korea seharga 770,000, harga ini tidak termasuk biaya ujian. Pilih juga sim tipe 1종 (manual) dan 2종(automatic). Saya pribadi mengambil jenis 2 (automatic), karena manual akan belajar menggunakan mini truk (mobil bak terbuka).


Selama belajar dan ujian ada 3 tahap yang harus dilalui yaitu teori (학과) -> menyetir di area kursus (장내기능) -> menyetir di jalan (도로주행). Setiap tahap harus mengikuti kelas dan lolos ujian, baru bisa masuk ke tahap berikutnya. Simak cerita dan tips saya di bawah ini berdasarkan pengalaman pada tiap tahapnya.


Cheonan Driving School (천안자동차 운전전문학원)

by cacar.kr



1. First Step: Theory Class, Eyesight Test, and Theory Test


Theory Class (학과 교육)


Tahap pertama dari paket kursus menyetir adalah kelas teori dengan total 3 jam. Pihak kursus menyediakan waktu dan kita tinggal pilih waktu yang sesuai. Kelas teori ini dilaksanakan dalam grup dan menggunakan bahasa Korea, jadi mau tidak mau harus mengikutinya walau ada materi yang kurang/tidak dimengerti. Biasanya di jam pertama kursus, pengajar akan memberikan tips untuk dapat lolos tes teori.


Walau kelas menggunakan bahasa Korea, namun nantinya kita bisa mengambil tes dalam bahasa lain, jadi saya sarankan untuk mengambil buku atau tes dengan bahasa lain. Tersedia bahasa Korea, Inggris, Vietnam, Cina. Saya pribadi awalnya mengambil buku dalam bahasa Korea (gratis), namun setelah kelas berakhir saya membeli buku bahasa Inggris (seharga 10,000).



Tips: Sebelum mengikuti kelas, ada baiknya membaca dan mengenali terlebih dahulu isi bukunya. Jadi paling tidak, paham akan apa yang disampaikan oleh pengajar.


Eyesight Test (시력 검사)


Sebelum atau sesudah mengikuti kelas teori harus mengambil pengecekan mata di klinik atau rumah sakit yang ditunjuk oleh tempat kursus. Yang penting sebelum mengambil ujian teori, kita harus memiliki hasil pengecekan mata. Serta menyiapkan foto terbaru ukuran paspor minimal 4 buah. 


Kita akan diberikan formulir untuk diisi dan kemudian mengikuti petunjuk dari pihak klinik untuk tes kerabunan mata. Kertas tersebut harus disimpan dan dibawa saat tes teori.


Theory Test (학과 시험)


Setelah mengikuti kelas teori, sebaiknya segera mengambil tesnya agar tidak lupa. Tes teori ini diselenggarakan tiap hari, namun bukan di tempat kursus. Untuk area Cheonan, diarahkan untuk mengambil tes di Cheonan Football Center. Tiap tempat kursus bisa berbeda, jadi silakan ikuti petunjuk dari tempat kursus.

by timenews.co.kr

Tes dilakukan sendiri-sendiri alias bukan berbarengan, menggunakan komputer dan diberikan limit waktu. Wajib membawa kertas pengecekan mata, identitas diri, 4 buah foto, dan uang tes sebesar 10,000 won. Untuk 1종(manual) harus lolos dengan nilai minimal 70, dan nilai 60 untuk 2종(automatic). Dan saya lolos dengan nilai 70!


*Jika tidak lolos bisa mengambil ujian lagi, dengan membayar kembali uang tes sebesar 10,000won.


Tips: Walaupun bisa bahasa Korea, saya sarankan mengikuti ujian teori dalam bahasa yang lebih Anda kuasai, saya pribadi menggunakan bahasa Inggris. Sebelum tes, coba kerjakan seluruh simulasi tes teori yang terdapat dalam bagian akhir buku. Karena soalnya diambil dari itu.


by dl.koroad.co.kr



2. Second Step: Driving Practice in the Area and Test 


Driving Practice in the School Area (장내기능 교육)


Selamat datang ke tahap selanjutnya! Kalau belum lolos ujian teori masih bisa ikut kelas menyetir di area kursus. Namun, kita harus lolos ujian teori untuk dapat mengikuti ujan praktek menyetir di area ini.


Nah, setiap tempat kursus memiliki area praktek menyetir yang telah dibuat sedemikian rupa seperti jalanan. Ada rambu lalu lintas, lampu jalan, hingga tempat parkir. Total kelas menyetir di area 4 jam, atau 2 x 2 jam, dengan 1:1 atau private dengan pengajar. Waktu yang disediakan biasanya siang dan malam, silakan menyesuaikan dengan waktu yang ada.

 



Hal yang dipelajari di sini adalah menggunakan fungsi-fungsi yang terdapat di dalam mobil, seperti sen belok kanan-kiri, whiper, lampu, mengganti rem (parking to netral, atau parking to driving). Dilanjutkan dengan menyetir dengan lurus, belok kanan-kiri, mengikuti rambu yang ada (termasuk kecepatan), hingga bagian tersulit yaitu parkir.


Di hari pertama pada jam pertama kita akan belajar membiasakan diri terlebih dahulu dengan fungsi mobil dan menyetir, jika sudah baru akan belajar parkir di jam kedua. Di hari berikutnya, kita akan belajar menyetir menggunakan mesin komputer. Mesin ini yang menilai performa kita dalam mengenali fungsi mobil, menyetir, dan parkir. 


Tips: Ikuti petunjuk yang diberikan oleh pengajar, dan tanya bila tidak mengerti. Tidak semua pengajar bisa bahasa Inggris, bahkan ada pengajar yang menggunakan dialek. 



Driving Test in the School Area (장내기능 시험)


Tes menyetir di area kursus diadakan hanya pada Selasa-Rabu (14:20) dan Jumat-Sabtu (09:30), bisa berbeda waktunya di tiap tempat. Saat mengikuti kelas praktek pertama silakan langsung mendaftar untuk ujian, biaya ujian sebesar 4,000won. Pada saat ujian, pengajar tidak akan berada di sebelah kita, jadi hanya kita dengan sang mesin.


by biz.heraldcorp.com

Setelah kita dipanggil untuk masuk ke dalam mobil, hal pertama yang dicek oleh penjaga tes adalah penggunaan seatbelt. Mobil berada dalam posisi off, jika sudah siap maka mesin tes akan dinyalakan dan kita harus mengikuti perintah mesin yaitu 1) penggunaan fungsi mobil. Setelah itu kita diperbolehkan untuk 2) menyetir dengan rute yang ada, parkir, hingga ke garis finish. Mesin tidak akan memberikan perintah apapun di step kedua ini, namun akan mengurangi nilai apabila melanggar.


Dari total nilai 100, minimal lolos dengan nilai 80 untuk manual dan auto. Dan saya mendapat 95! Kesalahan terdapat pada fungsi mobil yaitu salah sen hahaha.


*Jika tidak lolos, kita harus membayar 55,000 untuk tes ulang. Tes bisa dilakukan minimal 3 hari berikutnya.


Tips: Tujuan step kedua ini adalah mengikuti aturan dalam area menyetir, jadi saran saya hafalkan sudut, tempat, dan kecepatan yang diminta. 



3. Third Step: Driving on the Road and Test


Driving Class on the Road (도로주행 교육)


Selamat telah menyelesaikan kelas menyetir di area, kini waktunya turun ke jalanan! Praktek menyetir di jalanan dengan total kelas 6 jam, atau 3x2 jam. Waktu yang diberikan adalah siang maupun malam, saya pribadi mengambil kelas hanya malam hari karena keterbatasan waktu.


Seperti kelas menyetir sebelumnya, di kelas ini belajar secara private 1:1 dengan pengajar. Oh ya, kita tidak akan mendapat pengajar yang sama. Jadi tiap pengajar memiliki style-nya masing-masing. Saat di step terakhir ini, semua yang telah dipelajari rasanya hilang dari otak. Mengemudi yang sesungguhnya dimulai.


A-Route (by cacar.kr)

Ada 4 rute jalan yang akan dipelajari yaitu rute A-D, silakan lihat videonya di sini. Tiap rute memiliki tantangan masing-masing, misalnya rute A dengan belok kiri, rute B dengan banyak belok kanan, rute C dengan U-turn, dan rute D dengan kecepatan tinggi. Pada kelas pertama dan kedua, kita akan diajarkan dan dibiasakan menyetir di jalanan. Tentu dengan memerhatikan jalanan, rambu, pejalan kaki, sen dan belok kanan-kiri. Pada saat mengikuti kelas ini, kita bisa mendaftar tanggal untuk tes.


Kelas ketiga atau kelas terakhir akan dibantu dengan mesin penghitung nilai. Kali ini pengajar akan menyetel sang mesin navigasi dan kita diharuskan untuk mendengar dan mengikuti perintah yang ada. Mesin navigasi ini juga secara otomatis menilai kecepatan kita. Saran saya tentu ikuti petunjuk pengajar dan tanya bila tidak mengerti. Terutama rambu lalu lintas yang berbeda dengan negara kita.


Tips: Saya sarankan kalau bisa mengambil kelas paling tidak satu kali di siang hari agar bisa mengetahui kondisi jalan (sama dengan waktu tes).



Driving Test on the Road (도로주행 시험)


Seperti latihan pada kelas ketiga, ujian dilaksanakan dengan mesin dan ditemani pengawas. Pengawas tidak akan membantu memegang setir atau break, kecuali dalam kondisi darurat/berbahaya. Ujian dilaksanakan tiap hari hingga Sabtu, pagi dan siang, silakan pilih waktu yang cocok. Biaya ujian sebesar 10,000. Baik tipe manual ataupun auto, minimal lolos dengan nilai 70


Sebelum ujian, para peserta ujian dikumpulkan dalam satu ruangan dan mendapat briefing dari pengawas. Beliau juga akan memberikan trik, dan saat ini kita boleh bertanya. Bertanyalah karena pada saat ujian kita tidak bisa bertanya. Kemudian kita akan diberi nomor urutan.


Kebetulan saya mendapat bukan nomor pertama, jadi perlu menunggu antrian. Namun, bagi peserta yang menunggu akan duduk di bagian belakang mobil yang tengah ujian. Jadi di tiap mobil ujian terdapat peserta ujian, pengawas, dan peserta lain yang tengah menunggu (total 3 orang dalam 1 mobil). Saat seperti ini, pakai waktu untuk mengamati dan belajar dari peserta yang tengah menyetir.


by https://www.youtube.com/watch?v=XWSRR7Ko30w


Ujian pertama tidak lolos! Selain tegang, ada banyak kesalahan-kesalahan hingga nilai turun ke angka 60. Setelah selesai, pengawas akan memberi review apa yang perlu dikoreksi dan lain-lain. Setelah kertas ujian diberi tanda 'tidak lolos' / 불합격, kita harus membawa ke office dan daftar untuk tes ulang. 


Seminggu kemudian, saya mengambil tes ulang dengan proses yang sama, dan mendapat nilai 81! Haha, pengawas berpesan untuk banyak latihan walau sudah lolos. SIM bisa didapatkan seminggu kemudian.


*Jika tidak lolos, kita harus membayar 60,500 untuk tes ulang. Tes bisa dilakukan minimal 3 hari berikutnya.


Tips: Jika ujian gagal tidak apa-apa, sungguh saya belajar dari kesalahan. Terutama untuk teman-teman yang mengambil tipe manual akan lebih susah. Belajar dari video yang dibuat oleh tempat kursus, dan ingat review yang diberikan oleh pengajar dan pengawas.



My Impression


Kenapa ambil SIM di Korea? Jujur saya menyesal dulu di Indonesia tidak mengambil kelas menyetir, padahal lebih murah dan dimudahkan daripada Korea. Saya melihat kesempatan dan waktu, apalagi masa pandemic ini tidak bisa pulang, jadi memutuskan untuk belajar di sini. Walau setir berbeda, tapi saya bisa mulai latihan dan membiasakan diri menyetir di Korea.


Seorang teman berkata, semakin bertambah umur, kita akan semakin takut untuk menyetir. Maka kalau tidak sekarang kapan lagi? Saya melihat para peserta lain kebanyakan anak muda yang sedang menempuh pendidikan sarjana. Setelah melalui proses ini dan mendapat SIM rasanya wow! Terus belajar dan safe driving!




Seluruh kelas dan teori mengemudi ini dilaksanakan di Cheonan pada November-Desember 2021. Silakan update ke tempat kursus masing-masing, karena bisa saja terdapat perubahan rute, regulasi, ataupun harga. 


November-December 2021.

Cheonan, South Korea


4 comments:

Powered by Blogger.