How to take KIIP Program, the Process until the Exam?

January 22, 2021



Kenapa sih memutuskan mengambil kelas KIIP?


Bagi warga negara asing yang tinggal di Korea, visa adalah hal yang terpenting. Menjelang kelulusan S2 di Korea yaitu Agustus 2020, saya melihat peraturan visa Korea kian berubah dan kini menggunakan sistem poin untuk mendapatkan visa penduduk(residen). Salah satu poin yang memiliki nilai tinggi adalah KIIP ini.


Mumpung saat itu masih mencari kerja, kelas ini juga diadakan gratis dan online, kenapa tidak? Apalagi saya memiliki sertifikat TOPIK yang katanya bisa langsung loncat kelas. Lagipula tidak ada ruginya ikut kelas KIIP, bisa belajar juga tentang Korean Society. Jadi saya pikir ini waktu yang tepat. 



Apa itu KIIP?


KIIP adalah Korea Immigration & Integration Program (사회통합프로그램). Menurut website imigrasi, program KIIP bertujuan untuk mendukung orang asing memperoleh pengetahuan dan informasi dasar (bahasa dan budaya Korea) sehingga mereka dapat menjadi anggota masyarakat Korea yang mandiri. Program ini awalnya dibuat untuk edukasi mengenai Korea khusus bagi warga negara asing yang menikah dengan warga negara Korea atau mereka yang ingin mengubah kewarganegaraan. Namun seiring berjalannya waktu, program KIIP ini menjadi syarat untuk poin nilai bagi WNA yang ingin mendaftar permanen residen atau F-visa.


Layaknya seperti tes bahasa Korea yaitu TOPIK (Test of Proficiency in Korean) yang memiliki level kemampuan bahasa dari 1-6 (급), KIIP-pun demikian. Bedanya KIIP hanya memiliki level 1-5 (단계), dimana level 5 adalah yang tertinggi. Jika TOPIK difokuskan pada kemampuan bahasa, KIIP fokus kepada pelajaran budaya dan masyarakat Korea. Melalui program ini kita mempelajari budaya, politik, ekonomi, sejarah Korea, dan lain-lain.


Kelas terbagi menjadi dua tahap sesuai dengan tujuan visanya yaitu:

- kelas Basic 50 jam (기본) selama 2-3 bulan untuk mereka yang ingin mengambil visa permanent resident (영주용)

- kelas Lanjutan 20 jam (심화) selama 1 bulan untuk mereka yang ingin mengganti kewarganegaraan (귀하용).


Nah, berikut adalah cerita pengalaman saya melalui proses KIIP dari mulai pendaftaran, kelas, hingga ujian KIIP. Ingat, ini proses kelas basic (영주용).



*Rangkuman

Saat itu saya memiliki TOPIK 5 sehingga bisa loncat ke kelas level 5 KIIP. Kemudian mengikuti KIIP Basic 50 jam yang dilaksanakan September awal - akhir Oktober 2020 secara gratis. Setelah mendapatkan isu tanda mengikuti kelas, saya mengikuti ujian yang dilaksanakan November 2020 seharga 30,000won. Tanda kelulusan ini yang nanti disertakan saat mendaftar F-visa atau residen visa.


Seluruh proses atau fee bisa saja berubah di tahun in. Mohon tetap update di website KIIP. Seluruh website KIIP hanya menggunakan bahasa Korea. 



Berikut prosesnya!



A. Pendaftaran

Ada dua cara bisa masuk kelas KIIP, yaitu dengan ujian penentuan level (사전평가) atau menyerahkan sertifikat TOPIK agar bisa langsung lompat kelas. Untuk penentuan kelas, kamu bisa melihat jadwal ujian di website bagian Preliminary Evaluation (사전평가).


Di sini saya ceritakan pengalaman untuk para pemegang TOPIK, bisa loncat kelas tanpa harus mengikuti ujian penentuan kelas. Proses ini disebut connecting 연계과정. Karena level 5 adalah level terakhir, saya pribadi merekomendasikan cara connecting ini agar langsung bisa loncat kelas kemudian lanjut ke ujian.


TOPIK Connected to KIIP Level

Alur pendaftarannya sebagai berikut:


1. Sign-in di website KIIP. Samakan nama dengan ARC.

2. Siapkan sertifikat TOPIK dan ARC, serta fotokopinya.

3. Daftar di lokasi yang telah ditunjuk KIIP di kotamu, cek lokasinya di sini. Waktu itu saya mendaftar di Center for Immigration & Multiculture (이민다문화센터) terdekat setelah menelepon lokasi yang ditunjuk di kota saya tinggal. Mengisi formulir pendaftaran 연계 프로그램 yang disiapkan oleh petugas di sana. Petugas juga akan mengarahkan untuk informasi berikutnya.


Pendaftaran 연계 프로그램 bagi pemegang TOPIK 

4. Tunggu approval dari pihak imigrasi melalui website KIIP, cek di 'My Page'. Jika sudah berubah menjadi approved (승인), saatnya mendaftar kelas sesuai dengan ketersediaan waktu (과정신청).

Approved to join Level 5 Class

5. Daftar sesuai Waktu dan Lokasi Belajar


Walau kita mendaftar di lokasi tertentu, biasanya akan terdapat beberapa pilihan di kota tersebut juga di KIIP pusat. Jika kelas diadakan real-time online maka lokasi tidak jadi soal, namun waktu sangat penting. Maka perlu mengecek satu persatu tanggal belajar dan jam. Ada yang diadakan 2 bulan dengan tight schedule, adapula yang 3 bulan. Ada yang hari biasa, adapula yang weekend. Sesuaikan dengan jadwalmu karena absen mempengaruhi isu kelulusan kelas.


Setelah mendaftar, tunggu saja info berikutnya. Biasanya seminggu sebelum kelas dimulai, para pengajar akan menghubungi muridnya satu persatu untuk mengirimkan link kelas.


Daftar lokasi dan waktu belajar

 


B. Kelas KIIP untuk Permanent Resident (영주)


Kelas KIIP sesungguhnya diadakan secara offline, tapi platform berubah menjadi online dengan real-time class via platform zoom sejenisnya di masa corona. Pengajar akan merekomendasikan buku pelajaran dan belajar layaknya kelas kuliah pada umumnya. Tentu ada PR. 


Hal terpenting adalah kehadiran di atas 80%. Absen sebagai bukti karena kehadiran ini yang menentukan kita selesai mengikuti kelas (수료) kemudian mengikuti ujian. Masa-masa ini pengajar akan memberikan banyak informasi mengenai contoh soal ujian, dan tata cara mengikuti ujian.

KIIP Book for 50hours


C. Ujian KIIP


Setelah dinyatakan selesai mengikuti kelas KIIP (수료), kita perlu mendaftar ujian secara individual. Cara pendaftarannya mirip seperti mendaftar ujian TOPIK, silakan ke website ini. Daftarlah sesuai dengan periode yang ditetapkan, boleh mengikuti tes di lokasi berbeda dengan saat belajar. Pendaftaran kala itu 30,000won.


Ujian dibagi menjadi 3 jenis: pilihan ganda, menulis, dan berbicara. Waktu untuk ujian sangatlah cepat, yang lama hanya menunggu giliran berbicara. Hasil ujian bisa didapatkan 2 minggu setelahnya, lebih cepat daripada pengumuman TOPIK. Dan yeah, saya lulus!




Well, semoga proses dan pengalaman saya di atas dapat membantu ya! Ingat, ini terjadi di September-November 2020, jadi silakan tetap update dengan berita dari website KIIP ya.

Good luck!



Gwangju, December 02nd, 2020

#kiip #certificate #southkorea


No comments:

Powered by Blogger.