Suncheon Drama Filming, Korea in The Old Times

February 12, 2020

Jalan-jalan di kota jadul Korea sambil pakai seragam sekolah kala itu? Yes!
Akhirnya salah satu wish-list untuk pakai seragam jadul Korea tercapai di tahun 2020. Bisa pakai seragam jadul plus berfoto di latar belakang Korea era 1960-1980. Nah, cocok!


Suncheon Drama Filming (순천드라마촬영장)
24 Biryegol-gil, Suncheon, South Jeolla (전남 순천시 비례골길 24)
Everyday, 09.00-18.00. Ticket 3,000 won.

Suncheon Drama Filming, Korea in The Old Times
Welcome to Suncheon Drama Filming

Suncheon Drama Filming adalah lokasi syuting film dan drama Korea dengan latar belakang tahun 1960-1980. Maka atraksi wisata set film ini juga terbagi menjadi 3 bagian, yakni lokasi jalanan Seoul tahun 1980, pemukiman berbukit Seoul Bongcheon-dong 1970, dan Suncheon tahun 1960. Beberapa drama, film, hingga variety show seperti East of Eden, Gangnam Blues, Sunny, Love Rain, Running Man dll mengambil syuting di sini.

Filming jadul Korea bukan hanya terletak di Suncheon saja, masih ada beberapa tempat lain. Lokasi lain yang pernah saya kunjungi adalah Hapcheon Movie Theme Park dengan set tahun 1920-1980 yang terletak di Provinsi South Gyeongsang.

Nah, mari kita telusuri apa saja yang ada Suncheon Filming Location!
Oh ya, di akhir tulisan saya juga berikan review dan perbedaan dengan lokasi set jadul lainnya menurut versi saya ya.


1. Experience of Old Uniform

Musim dingin ternyata tidak menghalangi saya untuk bisa mengenakan seragam sekolah Korea di sini. Ya tujuan awal saya memang mengenakan seragam jadul, plusnya bisa sambil mengelilingi set filming di sini.

Seragam sekolah yang disewakan beragam. Seragam jadul umumnya berwarna hitam seperti yang saya kenakan. Sedangkan seragam seperti sailor-moon itu sekedar untuk bergaya. Selain seragam, terdapat juga pakaian militer dan training untuk para pria. Wanita juga boleh mengenakannya kok, karena teman saya juga mengenakan pakaian training pria yang seperti macan.

Peminjaman 1-1,5 jam dengan biaya sewa sebesar 2,500 won. Penggunaan aksesori lain seperti tas, bando, topi akan dikenakan biaya tambahan.

Suncheon Drama Filming, Korea in The Old Times
Building to rent an uniform
Suncheon Drama Filming, Korea in The Old Times
Type of uniform

2. Seoul Street in 1980 (80년대 서울 변두리 거리)

Seoul pada tahun 1980 berada setelah pintu masuk, yakni area sekitar peminjaman seragam. Di sini kita bisa melihat teater lampau, oraksil (game center), hingga tempat disko. Nah, bagi yang penasaran silakan rasakan sensasi disko di zaman itu.

Sebelum berjalan-jalan, coba tengok teater jadul yang berada persis di belakang gedung peminjaman seragam. Teater tersebut menayangkan cuplikan foto drama dan film yang pernah syuting di tempat ini, jadi kita dapat bernostalgia terlebih dahulu.

Suncheon Drama Filming, Korea in The Old Times
House of Disco
Suncheon Drama Filming, Korea in The Old Times
Photo Studio

3. Set Pemukiman Penduduk: Seoul Bongcheon-dong 1970 (70년대 서울 봉청동 달동네) 

Highlight dari Suncheon Drama Filming adalah area tahun 1970. Kita bisa melihat pemukiman Korea berbukit versi jadul. Walau namanya Seoul Bongcheon-dong 1970, tapi pemukiman berbukit seperti ini merupakan situasi nyata di Korea hingga kini. Area ini berada di bagian belakang dan agak sedikit menanjak.

Cobalah naik hingga rumah paling atas, dan lihatlah seluruh Korea masa lampau!


Suncheon Drama Filming, Korea in The Old Times
Background of film 'Happiness for Sale'
Suncheon Drama Filming, Korea in The Old Times


4. Suncheon in 1960s

Mundur ke zaman lalu, demikianlah paras Suncheon di tahun 1960. Set ini digunakan juga untuk lokasi syuting film Gangnam Blues.



How to get there?

Sangat mudah untuk mengunjungi Suncheon Drama Filming, karena letaknya di Kota Suncheon dan dilalui bus.

1. Jika kamu berasal dari luar kota Suncheon, pertama ambil kereta atau bus antar kota untuk mencapai kota Suncheon. Tujuan Stasiun Suncheon atau Suncheon Bus Terminal.

2. Dari kedua lokasi tersebut, ada bus umum yang langsung mengantarkan kita ke lokasi. Silakan naik bus umum no.71 hingga Suncheon Drama Filming dengan jarak tempuh sekitar 30-40 menit. Selain bus tersebut, masih ada bus no.77 dan 991 tapi perlu berjalan sekitar 10 menit dari turun bus hingga ke lokasi.

3. Kalau bingung, silakan bertanya pada orang sekitar. Jangan khawatir karena Suncheon Drama Filming merupakan atraksi wisata terkenal di kota ini.




REVIEW

Yuk mari kita review Suncheon Drama Filming dibanding lokasi set jadul lainnya, versi saya.

Kelebihan
+ Lokasi ini ramah transportasi alias mudah ditempuh. Tinggal naik bus umum sekali dari stasiun atau bus Suncheon dan tidak menghabiskan banyak waktu.

+ Peminjaman seragam di lokasi terbilang murah, walau dibatasi jam.

+ Keluar lokasi langsung tersedia beberapa rumah makan khas Provinsi Jeolla. Apapun pilihannya, resto di Jeolla semuanya sedap. Saya pribadi merekomendasikan untuk makan crab walau cukup terbilang mahal.


Kekurangan
- Kurang banyak eksprimen jadul yang bisa dilakukan selain mengenakan seragam. Yang bisa dicoba adalah disko jadul dan naik gerobak.

- Dibanding Hapcheon yang memiliki background dari sejak penjajahan Jepang hingga replika Blue House, lokasi di Suncheon hanya berpusat di 1950-1980.


Silakan cek juga lokasi lain, yaitu Hapcheon Movie Theme Park.

Suncheon Drama Filming, Korea in The Old Times
Seoul Bongcheon-dong 1970



Suncheon, February 8th, 2020
#suncheon #suncheondramafilming #순천드라마촬영장 

No comments:

Powered by Blogger.