Review Foodcourt Cilegon

June 14, 2018
Review Foodcourt Cilegon

Menjawab dahaga kaum muda pencinta kuliner, Cilegon menghadirkan "Foodcourt" di tengah Kota Baja ini. Sebuah tempat makan baru dengan nama "Foodcourt" membawa konsep terbuka dengan kursi berwarna-warni layaknya kaum muda yang ceria.

Berbagai kios makanan dan minuman dikumpulkan menjadi satu dalam sebuah ruang beratapkan seng dengan penerangan yang cukup. Foodcourt dibangun menjulang tinggi, dengan 1/4 bangunan dibuat semi lantai 2. Menurut seorang teman, lantai 2 ini cocok untuk menikmati hiruk-pikuk lalu lintas kota Cilegon.


Foodcourt Cilegon | Jl. Ahmad Yani, Ketileng, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon, Banten 42416


Terdapat sekitar sepuluh kios yang siap memanjakan lidah pengunjung, terutama bagi para anak gaul cilegon. Nongkrong bareng dengan berbagai pilihan makanan bisa jadi ajang untuk saling coba! Ada cengki wings, nasi goreng kepo rasa, pempek mutiara, ayam cetar, grab crab, bingo bento, sego bakar, el fish (fish bar), drinks corner, hingga satay. 

Foodcourt Cilegon berada di seberang Sucofindo, tepatnya di samping Kafe Dadu Playroom. Dibuka pertama pada Juni 2018 tepat saat Ramadan, membuat tempat nongkrong makan ini langsung diserbu dan penuh oleh kaum muda Cilegon. Penasaran, akhirnya saya dan dua teman lain ikut mencoba sambil buka puasa bersama. 


Nah, berikut beberapa review makanan yang telah kami santap!

Chicken Wings dari cengki wengs 
Dari gambarnya saja, nampaknya ayam ini disajikan pedas manis. Chicken wings sebagai menu andalan dibuat berdasarkan tingkat kepedasan dengan bumbu BBQ sentuhan lada. Takut akan pedas, saya cuma berani level 1 tapi... ini sudah sangat pedas! Sayangnya rasa manis jadi kurang terasa.

Selain ayam jenis ini, juga ada ayam dengan bumbu mayonaise kuning. Kita bisa beli paketnya dengan nasi atau kentang. Paket seharga 28-30ribu sedangkan tanpa nasi atau kentang seharga 25 ribu. Tapi, kalau mau pedes gini, kayaknya lebih baik makan buat cemilan aja deh!

Review Foodcourt Cilegon


Pempek dari pempek mutiara
Teman saya beli pempek ini, menurut dia rasanya oke kok! Beragam pempek seperti kapal selam, lenjer, kulit, adaan disediakan dan diberi sambel ijo secara terpisah. Selain pempek, kios ini juga menjual minuman es seperti kuwut dan kacang hijau.

Review Foodcourt Cilegon


Fish & Cips dari El Fish
Ini sepertinya pertama kali lihat makanan jenis fish & cips dijual di kota Cilegon. Rasanya lumayan, apalagi karena ada lemon yang bisa ditabur ke ikan sehingga ada sentuhan asam. Saya minta kentangnya digoreng kering, namun belum coba rasanya kalau minta goreng kentang setengah matang. Oh ya, harga 29 ribu untuk fish & cips dan 33 ribu untuk fish & spageti.

Review Foodcourt Cilegon


Ayam goreng dari ayam cetar
Kalau orang buka puasa mencari nasi, nah masakan ini yang paling banyak dibeli saat Ramadan. Rasanya seperti ayam goreng pada umumnya tanpa tambahan bumbu lain. Kios ini bernama ayam cetar tapi saya rasa sambelnya kurang cetar. Oh ya, selain ayam goreng juga ada ayam kalasan. Harga dibandrol 20 ribu.

Drink Corners
Kios ini memang spesialis menjual minuman. Walau di beberapa kios juga ada yang jual, namun Drink Cornes menyediakan air mineral hingga thai tea. Kemarin sempat coba green tea yang dibeli teman. Minumannya dijual dengan bungkusan plastik jadi dinginnya langsung tanpa es. Ada baiknya langsung diminum saat keluar dari kulkas jadi masih segar dingin.

Review Foodcourt Cilegon


Menurut saya pribadi, harga dan rasa sebanding untuk Foodcourt Cilegon ini. Minuman dari harga 5 ribu hingga 15 ribu, makanan dari 20 ribu hingga 33 ribu, cukup untuk kantong mahasiswa ya? Ada juga panggung kecil yang nampaknya bisa digunakan untuk live performance. Namun musik dari playlist telah menemani sepanjang buka bersama kami.

Foodcourt datang dengan konsep ruangan terbuka sehingga hanya memiliki sirkulasi alami dan penggunaan kipas angin. Tercampur juga dengan pengunjung yang suka merokok tak kenal tempat dan situasi. Jadi tidak disarankan untuk ibu hamil atau yang suka asma. Kekurangannya tidak ada musala, walau sudah ada toilet dan dibedakan antara wanita dan pria. Untuk masalah tempat parkir, terbatas untuk motor, dan tidak nyaman bagi pengendara mobil karena harus merapat di pinggir jalanan apalagi yang bisa merapat di depannya hanya 3-4 mobil.

Review Foodcourt Cilegon


Oh ya, bagi pencinta seafood, di sini juga dijual udang, cumi, kerang dengan bumbu macam-macam lho! Penasaran? Buruan coba langsung geh!


#review #kuliner #kulinercilegon #explorecilegon #explorebanten

2 comments:

  1. PR bagi penyelenggara usaha yang ada di pinggir jalan kota cilegon adalah, belum adanya tempat parkir yg layak, khususnya untuk roda empat. Banyak parkir yang tidak teratur menyebabkan mengganggu pengguna jalan raya. Nice review !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin besok2 tiap tempat makan ada basement khusus parkir tersendiri? siapatau inovasi kan :D

      Delete

Powered by Blogger.