Destinasi Trip Pulau di Lampung

June 19, 2018
Destinasi Trip Pulau di Lampung

Jelajah pulau, pantai, dan gunung? Atau menghabiskan akhir pekan tanpa cuti? Nah, semua hal ini bisa dilakukan di Lampung!

Bekerja di Kota Baja, Cilegon, menarik minat dan keingintahuan saya untuk menjelajah. Tak hanya Banten, saya juga melebarkan sayap ke area Lampung. Setelah mengunjungi beberapa lokasi di area Lampung, saya coba merangkum seluruh perjalanannya ke dalam tulisan ini.

Jadi, siap berkunjung ke barat Indonesia? Inilah Destinasi Trip Pulau di Lampung yang bisa jadi pilihan untuk berpetualang!


Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran

Destinasi Trip Pulau di Lampung Pahawang
Foto oleh Nusa Antara Wisata

Pulau Pahawang dikenal dengan pulau yang memiliki banyak spot snorkeling. Bahkan laut yang memiliki kedalaman rendah diisi dengan tulisan selamat datang di dasar lautnya. Kita bisa menikmati spot-spot snorkeling ataupun free-diving di Pulau Pahawang.

Ada Pulau Kelagian Besar dan Kecil, Pulau Pahawang Besar dan Kecil, serta Pulau Mahitam. Kelima pulau ini memiliki pantai untuk bermain, bersantai, bahkan selfie-selfie seru. Saya baru memiliki kesempatan ke Pulau Pahawang pada Mei 2018 lalu. Senangnya ketemu air laut, ikan-ikan, hingga bosan harus membersihkan diri dari pasir dan air laut!

Klik di sini untuk cerita lebih lanjut tentang Pulau Pahawang.



Anak Gunung Krakatau, Selat Sunda

Destinasi Trip Pulau di Lampung Anak Gunung Krakatau
Pendakian Anak Gunung Krakatau

Tidak begitu suka dengan laut? Bagaimana bila kita naik gunung sambil menelaah cerita geologinya? Trip Anak Gunung Krakatau bisa jadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan. Letaknya tidak begitu jauh dari ujung Pulau Jawa karena berada di Selat Sunda.

Secara geologi, Anak Gunung Krakatau lahir dari kaldera atau kawah besar hasil letusan Gunung Rakata, sehingga masih aktif dan terus berkembang hingga kini. Berbeda dengan induknya yaitu Gunung Rakata yang kini tidak aktif. Saya yang masih pemula dalam pendakian gunung bisa menikmati perjalanan ini, terutama karena jalannya yang tidak terjal dan ramah untuk para pendaki.

Tak hanya pendakian gunung, destinasi lain yang bisa dituju saat trip Anak Gunung Krakatau adalah pantai-pantai yang tak segan menunjukkan biru dan jernihnya laut. Pulau Sebuku, Pulau Umang-umang, hingga Pulau Sebesi menawarkan kesegaran sebelum dan sesudah lelah melakukan pendakian. Nikmat! Yuk simak cerita perjalanan Jejak Anak Gunung Krakatau di sini.



Teluk Kiluan, Kabupaten Tanggamus

Laguna, Teluk Kiluan

Berenang bersama lumba-lumba kerap kali menjadi promosi saat ke Teluk Kiluan ini. Sayapun berhasil melihat sekawanan lumba-lumba yang sedang bermain di pagi hari kala itu. Jujur, saya tidak berani turun ke laut untuk mendekati lumba-lumba karena saya juga tidak mau mereka nantinya berenang menjauh karena kedatangan kami para wisatawan. Walau begitu, melihat pagi dengan lumba-lumba adalah pengalaman yang tak terlupakan!

Selain lumba-lumba, ada lokasi terkenal di Teluk Kiluan ini yaitu Pantai Laguna. Karena teluk, maka seperti terdapat laut yang memiliki area terpisah dengan lautan dan kelihatan tidak dalam, tapi jernih dan menyegarkan. Perlu trekking untuk sampai ke lokasi ini, jadi pasti kamu tak akan sanggup menolak keinginan untuk nyebur ke dalamnya!

Simak cerita lengkap perjalanan di Teluk Kiluan Lampung di sini!

Destinasi Trip Pulau di Lampung Umang-umang
Pulau Umang-Umang, Trip Anak Gunung Krakatau


Nah, itu kira-kira destinasi trip pulau yang bisa dikunjungi di Lampung. Semua trip yang datang dari Pulau Jawa akan memulai meeting pointnya di Pelabuhan Merak, Banten. Berkumpul pada Jumat sekitar pk 23.00 dan meninggalkan Pulau Jawa dengan kapal besar sekitar tengah malam atau 00.30. Setelah 2 hari, kemudian di hari Minggu akan kembali di Pelabuhan Merak pk 21.00. Jadi, bisa kan tanpa cuti?

Selama melakukan perjalanan di Pahawang, Anak Gunung Krakatau, serta Kiluan, saya menggunakan jasa wisata (tour travel). Ini lebih mudah dikarenakan banyak lokasi yang dituju serta keperluan berpindah dengan kapal. Tak perlu khawatir untuk biaya, paket wisata dimulai dari harga 450 ribu per-orang, dengan banyaknya pilihan tour yang tersedia. Silakan pilih open atau close trip.

Tak perlu khawatir bila tak kenal dengan para peserta lainnya, karena lewat perjalanan ini kita justru akan memiliki teman baru, dan tentu saja melepas lelah setelah aktivitas seminggu!



Jakarta, 19 Juni 2018
Jelajah Lampung #emmasabatini #catatanperjalanan #lampung #explorelampung


4 comments:

  1. Informasi trip yang menarik, Kak.

    Baru ke Anak Gunung Krakatau yang sudah pernah teroka, sisanya belum :)


    Salam,
    https://jelajahlangkah.wordpress.com/

    ReplyDelete
  2. Gue belum ke Teluk Lilian, itu jauh kah Dari pelabuhan Teh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan kak, 4-5 jam dengan mobil.. Pake open trip gitu lebih enak kak, bisa satu paket :)

      Delete

Powered by Blogger.