Kelas Korea di #NongkrongAsyikKIJP

February 18, 2018
Kelas Korea di #NongkrongAsyikKIJP

Tak ada salahnya berbagi pengetahuan, karena pintar untuk diri sendiri saja tidak cukup. Bagaimana bila berbagi pengetahuan Korea sambil menggalang dana untuk anak pulau?

"#NongkrongAsyikKIJP: Mengenal Korea bersama Kak Emmanuela Sabatini", inilah salah satu kegiatan yang saya lakukan bersama Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) dalam rangka penggalangan dana. Seluruh biaya yang dibayarkan oleh peserta akan digunakan untuk kegiatan Camp Anak Pulau yang diselenggarakan Maret 2018. Anak-anak pulau akan berkegiatan di Jakarta selama 4 hari dengan misi #AnakKreatifAnakAsyik.



Jadi kenapa Kelas Korea? Salah satu alasannya karena saya sebagai pengajar memiliki latar belakang pendidikan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Selain itu, penggalangan dana dengan berbagi pengetahuan adalah hal yang sangat bermanfaat. Toh, kelas ini dibuka untuk umum, bukan hanya untuk anggota KIJP semata.

Kelas Korea diadakan pada 10 Februari 2018 lalu, bertempat di Joh Eun Nal Coffee, Oak Tree Hotel Mahakam. Dibuka dengan mengenal hangeul (tulisan Korea), dilanjutkan dengan mempelajari pengucapan serta pelafalannya. Kali ini memang tidak belajar hangeul secara detail, agar para peserta dapat fokus pada percakapan, yaitu perkenalan diri serta memperkenalkan orang lain.


Setelah mempelajari percakapan, para peserta kemudian praktik berbahasa baik dengan peserta lain maupun kepada penutur asli alias orang Korea. Maka, saya membawa serta seorang teman Korea yang dipanggil dengan sebutan "oppa" (sebutan kepada pria yang lebih tua dan hanya diucapkan oleh kaum hawa). Tak hanya percakapan, para peserta juga tanya jawab tentang kehidupan di Korea dengan oppa di sela-sela kelas. 

"Saya suka melakukan kegiatan sosial seperti ini, apalagi bisa kenal teman baru," ucap oppa menyambut setuju ajakan saya untuk membantu Kelas Korea.

Praktik bahasa dilanjutkan dengan praktik budaya, yaitu mengenakan hanbok atau pakaian tradisional Korea. Ada hanbok wanita dan pria. Peserta boleh mencoba mengenakan dan tentunya boleh juga berfoto.

Kelas Korea di #NongkrongAsyikKIJP
Praktik Budaya: Mengenakan Hanbok

Sangat menyenangkan bisa berbagi pengetahuan, melihat sendiri bagaimana peserta berlatih bahasa dari tidak tahu hingga tahu. Bahkan mereka bisa memodifikasi percakapan dari yang telah dipelajari dan tak segan mempraktikkannya dengan teman Korea saya. Terima kasih KIJP, telah memberikan saya ruang untuk berbagi pengetahuan sambil melakukan kegiatan sosial.

Masih ada lagi lho #NongkrongAsyikKIJP lainnya! Nantikan Camp Anak Pulau di pertengahan Maret 2018 ya! Yuk boleh banget dibantu untuk donasinya :)



Poster tentang kegiatan Kelas Korea, bisa dilihat di sini.
#NongkrongAsyikKIJP #belajarkorea #bahasakorea #한국어 #한국어수업 #외국인

No comments:

Powered by Blogger.