Review Korean Drama: I'm Not a Robot (로봇이 아니야)

January 28, 2018
Review Korean Drama: I'm Not a Robot (로봇이 아니야)

Bagaimana jadinya bila kamu alergi manusia dan dikenalkan dengan seorang robot? Padahal robot tersebut penampilannya sangat mirip dengan manusia? Inilah "I'm Not a Robot" (로봇이 아니야), drama Korea dengan kesegaran baru yang tayang Desember 2017 hingga Januari 2018.

Apa sih yang seru dari drama Korea ini? Nah, berikut hal-hal menarik yang bikin drama ini fresh, beda, dan tentunya direkomendasi untuk ditonton!


1. Alergi Manusia

Pemeran utama pria memiliki penyakit istimewa yaitu alergi manusia. Hidup mengisolasi diri karena bila bersentuhan dengan manusia, ruam akan muncul di kulitnya dan sulit untuk bernafas. Penyakit aneh yang sangat apik dibawakan oleh drama "I'm Not a Robot" apalagi akting Yoo Seung-Ho sebagai si penderita.

Bagaimana Kim Min-Kyu harus berhadapan manusia, kelakuannya di kantor maupun di jalan saat diharuskan menghadapi orang banyak. Hingga ia mendapat julukan 'si kaki tiga' karena selalu membawa tongkat dan mengenakan sarung tangan setiap keluar rumah. Setiap episodenya selalu menawarkan tawa saat melihat scene-scene tersebut.

Review Korean Drama: I'm Not a Robot (로봇이 아니야)
Kim Min-Kyu, alergi manusia (pic by naver.com)
Review Korean Drama: I'm Not a Robot (로봇이 아니야)
Penampilan Kim Min-Kyu (pic by dramabeans.com)
KM 금융 이사회 회장, 김민규입니다. 그리고 또한, 인간 알러기 환자입니다. Saya adalah Chairman of Board of Directors KM Financial. Dan juga penderita 'alergi manusia'. (ep.31, 09.55) 


2. Robot sebagai Teman dan Keluarga

Imajinasi tinggi yang dimainkan drama Korea saat ini. Lelah dengan segala tontonan drama yang memutar kepala, "I'm Not a Robot" memiliki keunikannya tersendiri yaitu dengan menghadirkan robot yang mirip manusia. Robot bernama Aji-3 ini diciptakan oleh Tim Santa Maria, yaitu Profesor Hong Baek Gyun, Pai, Hoktal, Ssanip, dengan segala keunggulannya. Ia didesain untuk hidup berdampingan dengan manusia, sebagai "teman" dan "keluarga". Memang kelihatannya tidak masuk akal, tapi bukan berarti suatu hari nanti robot demikian hidup di antara kita.

Aji-3 mengambil wajah dan karakter asli dari sang mantan kekasih, Jo Ji-Ah. Maka, saat Aji-3 bermasalah akhirnya Ji-Ah diminta untuk menggantikan posisi sang robot. Kebayang bagaimana seorang manusia harus berpura-pura sebagai robot?

Review Korean Drama: I'm Not a Robot (로봇이 아니야)
Aji-3 (pic by dramabeans.com)

Review Korean Drama: I'm Not a Robot (로봇이 아니야)
Santa Maria Team (pic by girldaily.com)

너 사람이랑 친구처럼 가족처럼 함께 사는 전재가 될거야. Kamu diciptakan untuk hidup dengan manusia sebagai teman dan keluarga." (ep.29, 08.00)


3. Ide Kreatif

Pemeran wanita yaitu Jo Ji-Ah diceritakan sebagai wanita karir yang meniti bisnis dari segala ide kreatifnya. Di drama ini, ia membuat sebuah payung dan heart ball. Lalu apa yang unik dari kedua benda ini?

Heart ball adalah sebuah lampu, namun sengaja diciptakan dua buah sebagai Quantum entanglement. Jika lampu hati yang satu disentuh, maka lampu yang satunya akan menyala walau terpisah jarak. Satu karya lain yaitu payung, ia memiliki tombol yang dapat mengubah warna payung dari transparan menjadi warna. Ada payung yang berubah jadi hitam dengan bintang atau biru dengan bintang. Jadi, silakan sesuaikan warnanya dengan suasana kita saat itu.

Bisa saja ya ide kreatifnya!

Heart Ball ciptaan Jo Ji-Ah (pic by missleestore.com)
Review Korean Drama: I'm Not a Robot (로봇이 아니야)
Payung buatan Jo Ji-Ah (pic by twitter.com)

세상 어디에 있든 이 하트볼만 있으면 당신의 사랑을 전할 수 있습니다. 그 누구도 모르게 당신의 마음을 전할 수 있습니다. Walau berada di belahan dunia manapun, kamu bisa menyatakan cinta hanya dengan heart ball ini. Tanpa ada yang mengetahuinya, perasaanmu bisa tersampaikan. (ep.17, 10.25)


4. Promosi Wisata lewat Lokasi Syuting

Kalau ini memang keunggulannya drama Korea, membuat drama sekaligus promosi wisata. Tak hanya tempat mewah, tempat sederhanapun dapat disulap jadi lokasi syuting. Setelah drama berakhir, biasanya banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara menjadikan lokasi ini sebagai tujuan wisata. Cara yang menarik bukan? Nah, berikut beberapa lokasi syuting yang saya dapat dari KTO Indonesia.

Restoran Melamar = Praum Restaurant, Museum, and Cafe
Tempat Nge-Date = Gyeongui Line Book Street
Cafe teman Jo Ji-Ah = The Dalda Cafe
Rumah Kim Min-Kyu = Beartree Park
[ki-ka foto di bawah]

Review Korean Drama: I'm Not a Robot (로봇이 아니야)
Lokasi Syuting I'm Not a Robot (pic disatukan dari berbagai sumber)


Sekilas Sinopsis

Kim Min-kyu (Yoo Seung-ho) menderita penyakit sejak kecil yaitu alergi manusia. Sedangkan Jo Ji-ah (Chae Soo-bin) adalah seorang wanita yang sedang meniti usahanya. Mereka dipertemukan kembali saat Jo Ji-Ah menggantikan posisi robot Aji 3. Awalnya robot tersebut digunakan untuk tes oleh sang jenius Min-Kyu, namun akhirnya Ji-Ah terperangkap menggantikan posisi robot Aji 3 yang mengalami masalah pada baterai. Robot tersebut merupakan buatan dari mantan pacar Ji-Ah, professor Hong Baek-kyun (Um Ki-joon) dan timnya.


I'm Not a Robot mungkin memang tidak sekompleks cerita drama Korea lain. Justru karena ceritanya yang ringan dan lucu, saya sangat menikmati drama ini sebagai pengisi ulang semangat. Selalu tidak sabar menanti tiap episodenya yang kala itu tayang Rabu-Kamis di MBC 32 episode.



*Dengerin juga salah satu OST-nya "I'm Standing Here - Juniel" (여기 서 있어) di tautan berikut!
#koreandrama #imnotarobot #mbc #한국드라마 #로봇이아니야 #review

6 comments:

  1. Ah jadi pengen nonton tapi takut ketagihan wkwkwkkw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dijadwalin kak nontonnya :) Ini asikkk lhoo dramanya hehe

      Delete
  2. Penasaran ama caritanya, robot tapi ngga kebanyang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi ceritanya emang imajinasi kak! Tapi ringan dan lucu, kalo lagi pengen nonton yg kyk gitu rekomen lho drama ini :)

      Delete
  3. Seru bgt nih filmnya. Wajib bgt ditonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngets kak! Ga nyangka trnyata penggemar drakor juga hoho :D

      Delete

Powered by Blogger.