Hadiah Natal untuk Oma Opa di Panti Wreda Hana

December 24, 2017
Natal Bersama Oma Opa, Panti Wreda Hana

"Harusnya oma merayakan Natal bersama keluarga, tapi malah kalian yang merayakan sama oma. Rasanya sama seperti merayakan Natal di gereja, oma sungguh terharu... Terima kasih," lirih salah satu oma saat mengucapkan salam perpisahan.

Oma ini adalah salah satu dari 70 oma opa yang tinggal di Panti Wreda Hana, Ciputat. Kegiatan 'Natal Bersama Oma Opa' mempertemukan saya dengan berbagai karakter dan cerita.

Kerinduan merayakan Natal dengan berbagi, menjadi alasan saya dan teman-teman dari Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) berkunjung ke Panti Wreda Hana pada 9 Desember 2017. Sejak dua tahun sebelumnya, kami hanya merayakan Natal dengan berkumpul internal dan tukar kado. Tahun ini, sukacita Natal kami bagi dengan kegiatan dan hadiah kecil untuk oma opa.


Persembahan Pujian oleh Oma, Panti Wreda Hana
Persembahan Pujian oleh Oma, Panti Wreda Hana, by @innath

Kegiatan Natal diawali dengan ibadah sederhana. Pada saat ibadah, oma-oma ternyata mempersembahkan sebuah lagu pujian berjudul "Yesusku Juruselamatku" untuk kami, para relawan yang hadir.

Sebuah renungan singkat tentang Natal dari Mami Oyie, salah satu relawan KIJP, mengajak kita untuk menilik kembali diri masing-masing di masa yang telah lewat. Tak jemu beliau mengatakan, "Lakukan yang terbaik hari ini!"
Tiada kata menunggu, karena tidak tahu kapan Tuhan akan mengambil kita dari dunia. Renungan singkat ini kemudian ditutup dengan persembahan pujian dari kami para relawan.

Persembahan Pujian oleh relawan, Panti Wreda Hana
Persembahan Pujian oleh relawan, Panti Wreda Hana, by @innath

Kini saatnya waktu bercengkerama dengan oma opa. Kegiatan dilanjutkan dengan permainan estafet karet menggunakan sumpit. Kelompok dibagi menjadi lima, setiap kelompok terdapat relawan KIJP yang turut serta. Oma opa terlibat aktif bahkan beliau yang duduk di kursi roda ikut memainkan estafet karet ini.

Hadiah kecil serta makan malam bersama menjadi penutup kegiatan. Beberapa relawan juga menghabiskan waktu di ruang lain khusus oma opa yang sakit. "Terima kasih ya," ucap seorang oma yang mendapat pijatan dari Kak Ale, seorang terapis.

Games estafet karet dengan sumpit, Panti Wreda Hana
Games estafet karet dengan sumpit, Panti Wreda Hana, by @oyierinkiriwang

Kunjungan ke Panti Wreda Hana
Kunjungan ke Panti Wreda Hana, by @oyierinkiriwang


Panti Wreda Hana adalah salah satu panti swasta khusus lanjut usia yang didanai oleh masing-masing individu/keluarga. Alasan oma opa tinggal di panti wreda beragam. Ada yang tinggal karena keluarga tak sanggup merawat, ada juga yang terpisah jauh dengan anak karena bekerja di luar negeri, bahkan ada yang memang masuk panti dengan keinginan sendiri.

"Anak opa tinggal jauh di luar, kalau dia pulang pasti saya akan dijemput. Sedangkan adiknya belum juga ditemukan di lautan. Opa masih menanti," harap salah seorang opa yang tak lelah mendaraskan doa untuk anak bungsunya.


Kegiatan Natal bersama oma-opa ternyata bukan hanya soal merayakan Natal, tapi juga mengisi ruang di hati. Sama halnya dengan Lebaran, Natal juga identik dengan kumpul keluarga. Kami tidak berniat menggantikan posisi keluarga beliau, namun semoga kedatangan kami bisa menjadi pelipur lara dan menjadi pelita bagai sosok keluarga yang dirindukan.

Apakah kita sebagai pribadi, entah sebagai anak, istri, ataupun suami, telah meluangkan waktu lebih banyak untuk keluarga?


Natal Bersama Oma Opa, Panti Wreda Hana
Natal Bersama Oma Opa, Panti Wreda Hana, by @audi_rulindra

Terima kasih oma-opa yang telah menerima kami. Terima kasih juga Kak Maria, sebagai ketua tim serta pencetus kegiatan Natal di Panti Wreda Hana. Selamat Natal dan Tuhan memberkati.

Artikel Natal serupa juga diposting pada website KIJP : http://jelajahpulauid.org/natal-bersama-oma-opa/




#natal #natalkijp2017 #omaopa #pantiwreda #volunteer #jelajahpulauid


2 comments:

Powered by Blogger.