Naksan Park & Ihwa Village, Pemukiman Berhias Mural

June 29, 2017



Salah satu cara menikmati perjalanan terkadang cukup hanya dengan sekedar berjalan kaki, menelusuri jalan kota hingga ke jalan yang lebih sempit. Selain mudah, murah, kita juga bisa lebih mengenal kehidupan masyarakat lokal area tersebut. Hal ini yang kemudian saya lakukan selama berada di Seoul, Korea Selatan. 




Ihwa Village


Dinding hingga jalan yang berhias mural, keunggulan Ihwa Village yang kemudian dikenal dengan sebutan 'Ihwa Mural Village'. Karya seni yang tersembunyi pada sebuah pemukiman yang diapit oleh jalan-jalan kecil. Karena letaknya yang tidak berada di pinggiran jalan besar, saya perlu menelusuri jalan dengan berjalan kaki dari Daehak-ro, St. Hoegi line 4 menuju arah Naksan Park. Lalu di manakah Ihwa Village? Dari depan Naksan Park, berjalanlah terus hingga mulai menemukan karya seni yang berasal dari material-material bekas.

Ihwa Village dulunya adalah sebuah pemukiman yang diwacanakan dibongkar untuk pembangunan baru karena bangunannya yang telah tua dan terlihat kumuh. Namun, pada tahun 2006 dicetuslah Naksan Project oleh pemerintah lokal dengan menggaet beberapa seniman untuk menghias Ihwa Village. Projek ini berhasil. Namun setahun setelahnya, penduduk lokal menghapus karya tersebut karena merasa terganggu oleh keributan dan hal buruk lain yang dilakukan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hal ini malah menjadi tantangan bagi para seniman. Karena di tahun 2013, para seniman bersama dengan mahasiswa dari berbagai universitas di Korea kembali menghias Ihwa Village dengan mural yang lebih beraneka, dan tentunya dengan persetujuan dari para penduduk lokal. (Sejarah tentang Ihwa Village disadur dari artikel kto)


Kini, Ihwa Village ramai dikunjungi dari wisatawan yang rela mengantri demi mendapatkan momennya dengan latar belakang coretan di dinding atau jalan ini. Mural yang ternyata bisa menghentikan kemusnahan sebuah area. Tempat ini semakin terkenal setelah sering dijadikan spot untuk drama atau film korea. Tapi, menjaga kesopanan tetap perlu dilaksanakan, karena Ihwa Village masih merupakan sebuah pemukiman di Seoul.













Naksan Park

Setelah puas menjelajahi Ihwa Village berhias mural, saya berjalan kaki menuju arah St. Hoegi. Hari yang cukup melelahkan dengan berjalan cukup jauh dari stasiun subway hingga penjelajahan mural naik turun tangga di Ihwa. Beristirahat sejenak nampaknya bisa jadi pilihan. Saya dan dua teman kemudian beristirahat di Naksan Park, sebuah taman yang lumayan berdekatan dengan Ihwa Village. Tak main-main, Naksan Park memberikan pemandangan kota Seoul dari atas bukit. Inilah nikmatnya bersantai setelah lelah kaki berjalan di Ihwa Village.


Bagian depan Naksan Park





Seoul, 2012-2013
#mural #ihwavillage #naksanpark #seoul #southkorea #visitkorea #imagineyourkorea #travelphotography #travelwriting

Powered by Blogger.